Sabtu, 10 Oktober 2015

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.Pemahaman mengenai perilaku konsumen sangatlah penting dalam pemasaran.
Menurut Engel, et al. (1994), perilaku konsumen adalah suatu tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk keputusan mendahului dan menyusuli tindakan ini.
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen.
1.  Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk  mencapai tujuan tertentu.
2.     Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannyaterhadap rangsangan tersebut.
3.     Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4.   Integrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
Factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh factor :
a.       Kebudayaan
b.      Social
c.       Pribadi
d.      Psikologis
Hubungan perilaku konsumen dan strategi  pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang didesain untuk mempengaruhi pertukaran dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan dan menyajikan baura pemasarn yan diarahkan pada pasar sasaran yang dipilih. Strategi pmasaran, khususnya yang dikembangkan dan diterapkan oleh perusahaan yang berhasil, memiliki  kekuatan besar terhadap konsumen dan masyarakat luar.
Karakteristik pribadi yang mempengaruhi perilaku konsumen
a.       Umur dan Tahap Daur Hidup
Orang yang mengubah barang dan jasa yang mereka beli semasa hidupnya.selera akan makanan, pakaian, perabot, dan rekreasi seringkali berhubungan dengan umur.
b.      Pekerjaan
Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibelinya. Pemasar berusaha mengenali kelompok pekerjaan yang mempunai minat diatas rata-rata akan produk dan jasa mereka.
c.       Situasi Ekonomi
Situasi seseorang akan memengaruhi akan mempengaruhi pilihan produk.
d.      Kepribadian
Setiap individu memiliki karakteristik sendiri yang unik. Kumpulan karakteristik perilaku yang dimiliki oleh individu dan bersifat permanent biasa disebut kepribadian. Memahami krakteristik kepribadian konsumen akan sangat bernilai bagi pemasar. Karakteristik kepribadian juga dijadikan dasar untuk memposisikan produk di pasar.
Sumber : Nugroho J. Setiadi, SE, MM. PERILAKU KONSUMEN Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Peasaran, Bogor : Kencana. 2003.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar