Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga
jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan
pertimbangan yang matang.Pemahaman mengenai perilaku konsumen sangatlah penting dalam pemasaran.
Menurut Engel, et al. (1994), perilaku konsumen adalah suatu tindakan yang
langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan
jasa, termasuk keputusan mendahului dan menyusuli tindakan ini.
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen.
1. Motivasi (motivation) merupakan suatu
dorongan yang ada dalam diri manusia untuk
mencapai tujuan tertentu.
2. Persepsi (perception) merupakan hasil
pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya
berdasarkan informasi dan pengalamannyaterhadap rangsangan tersebut.
3. Pembentukan sikap (attitude formation)
merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap
suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4. Integrasi (integration) merupakan kesatuan
antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil.
Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka
akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
Factor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen
Keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi
oleh factor :
a. Kebudayaan
b. Social
c. Pribadi
d. Psikologis
Hubungan perilaku konsumen dan
strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang didesain
untuk mempengaruhi pertukaran dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini dapat
dicapai dengan mengembangkan dan menyajikan baura pemasarn yan diarahkan pada
pasar sasaran yang dipilih. Strategi pmasaran, khususnya yang dikembangkan dan
diterapkan oleh perusahaan yang berhasil, memiliki kekuatan besar terhadap konsumen dan
masyarakat luar.
Karakteristik pribadi yang mempengaruhi
perilaku konsumen
a. Umur dan Tahap Daur Hidup
Orang yang mengubah barang dan jasa yang mereka beli semasa hidupnya.selera
akan makanan, pakaian, perabot, dan rekreasi seringkali berhubungan dengan
umur.
b. Pekerjaan
Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibelinya. Pemasar berusaha
mengenali kelompok pekerjaan yang mempunai minat diatas rata-rata akan produk
dan jasa mereka.
c. Situasi Ekonomi
Situasi seseorang
akan memengaruhi akan mempengaruhi pilihan produk.
d. Kepribadian
Setiap individu memiliki karakteristik sendiri yang unik. Kumpulan karakteristik
perilaku yang dimiliki oleh individu dan bersifat permanent biasa disebut
kepribadian. Memahami krakteristik kepribadian konsumen akan sangat bernilai
bagi pemasar. Karakteristik kepribadian juga dijadikan dasar untuk memposisikan
produk di pasar.
Sumber : Nugroho J. Setiadi, SE, MM. PERILAKU KONSUMEN Konsep dan Implikasi untuk
Strategi dan Penelitian Peasaran, Bogor : Kencana. 2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar